Tugas Admin Logistik Serta Tanggung Jawab Terhadap Perusahaan

Logistik merupakan bagian yang memiliki keterkaitan yang erat dengan proses pengolahan barang, dimulai dari pengadaan, pemindahan, penyimpanan, dan juga pemeliharaan barang. Proses administrasi biasanya dilakukan oleh seorang admin logistik. Berikut akan dijelaskan tugas admin logistik dan tanggung jawabnya.

Mengapa Admin Logistik Diperlukan oleh Perusahaan?

Logistik memiliki sebuah sistem yang tersusun dari beberapa fasilitas pelayanan, biasanya merupakan pelayanan yang memiliki hubungan dengan transportasi. Sistem logistik membahas mengenai proses, manufaktur, penyimpanan dan juga seleksi dari suatu material hingga kemudian sampai ke konsumen.

Di dalam proses pengolahan barang, biasanya terdapat permasalahan seperti sulitnya mencari barang di gudang. Hal tersebut terjadi karena kondisi gudang yang tidak rapi, tidak beraturan, dan adanya permasalahan terkait ketersediaan barang serta stok yang dibutuhkan.

Permasalahan tersebut akan berdampak secara langsung terhadap operasional perusahaan. Karena itulah kemudian perusahaan membutuhkan seorang admin logistik untuk melakukan pencatatan dan menjalankan proses administrasi pada seksi ini, sehingga permasalahan–permasalahan tersebut dapat dihindari.

Seorang admin logistik dapat berfungsi untuk merencanakan kebutuhan barang atau stok, penyimpanan, distribusi, penggunaan, pemeliharaan dan juga penggunaan barang yang ada di dalam gudang perusahaan, agar kemudian barang yang ada tersebut dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Apa Saja yang Menjadi Tugas Admin Logistik dan Tanggung Jawabnya?

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang admin logistik memiliki tugas dan juga tanggung jawab yang harus dilakukan. Kami akan menjelaskan mengenai keduanya kepada Anda.

Tugas dari Admin Logistik

Seorang admin logistik memiliki tugas untuk melakukan pengecekan terhadap permintaan, kemudian mengirimkan tagihan kode, menyiapkan dokumentasi terkait dengan pengiriman dan juga terlibat secara umum di dalam pengadaan terutama pada proses pemesanan.

Karena barang yang dibutuhkan untuk disimpan di dalam gudang dapat memiliki dampak terhadap operasional perusahaan, admin logistik juga memiliki tugas untuk dapat berkomunikasi dengan user (pihak yang membutuhkan barang) mengenai kebutuhan dan penggunaan barang juga kepada penjual mengenai jadwal dan waktu pengiriman dilakukan.

Admin logistik juga berpartisipasi pada administrasi dan pencatatan internal mengenai ketersediaan barang. Pencatatan dan administrasi dari perusahaan biasanya dilakukan baik secara manual maupun secara elektronik dengan menggunakan komputer.

Saat barang dari supplier datang, seorang admin logistik memiliki kewajiban untuk menerima dan memeriksa kualitas serta kuantitas dari barang yang dikirim. Setelah pembelian dan pembayaran selesai, admin logistik masih harus memelihara kontak dan juga hubungan yang baik dengan pihak supplier.

untuk melakukan kegiatan atau tugas admin logistik di wajibkan memiliki pengetahuan tentang ilmu matematika dan penghafalan produk jadi untukmenjadi admin logistik itu tidak lah mudah melainkan dengan proses dan tantangan yang snagat berat

  • Tugas admin logistik memastikan ketersediaan barang atau produk di gudang penyimpanan itu ada tersedia
  • Memastikan ketersediaan yang ada di dalam gudang dalam keadaan siap untuk di antarkan dan tidak expired ataupun barang kedeluarsa
  • Menentukan jumlah dan takaran yang harus di kirim kepada supir logistik untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan permintaan dan mengatur pengantaran
  • Mengatur tujuang pengantaran pengiriman , jadi kamu harus bisa mengarahkan supir untuk mengantarakan produk sesuai alamat permintaan
  • Siap siaga untuk di mintai tanda tangan dan pangilan telpon dari prusahaan luar yang ingin pengiriman barang atau bahkan komplain kepada kamu jika produk kamu tidak sesuai

Hal ini dimaksudkan agar proses pemesanan, pengiriman dan pembelian yang akan datang dapat berjalan dengan baik, tanpa permasalahan yang berarti.

Tanggung Jawab dari Admin Logistik

Ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab dari admin logistik. Tanggung jawab dari admin logistik di antaranya adalah bertanggung jawab terhadap administrasi termasuk dokumen pendistribusian, filling, dan collection dari seksi logistik.

Selain itu, admin logistik juga memiliki tanggung jawab untuk mengambil data penerimaan barang yang dikirimkan oleh supplier serta memeriksa keadaan barang tersebut saat datang dan menyesuaikannya dengan data pemesanan, sehingga tidak ada barang yang kurang maupun tidak mencapai standar kualitas.

Tanggung jawab dari admin logistik lainnya adalah mengisi, memperbaharui dan juga memelihara catatan serta laporan bulanan mengenai dokumen logistik, seperti persediaan barang dan lokasi penyimpanan barang.

Syarat Bekerja Menjadi Admin Logistik

untuk memenuhi kriteria dan syarat menjadi admin logistik apa saja si yang harus di persiapkan agar lolos seleksi dan akhirnya bisa masuk menjadi admin logistik bagi kamu yang ingin bekerja menjadi admin logistik

kamuharus memiliki pendidikan formal yang memadai dalam artian kamu memiliki pendidikan minimal D1 atau Diploma yang mana memang untuk menjadi admin logistik kamu di wajibkan mengerti seluk beluk dan dasar komputer

karena kamu akan melakukan pekerjaan setengan atau 50% di depan komputer bahkan lebih tergantung lapangan yang berjalan , berikut ini syarat dan kriteria untuk pekerjaan bidnag admin logistik

  • Memiliki pendidikan D1 atau Diploma
  • Memiliki keahlian sebagai leader shift yang bisa mengatur anak buah untuk melakukan pekerjaan
  • Mempunyai kemampuan komunikasi yang handal dan dapat di mengerti dengan jelas
  • Mempunyai kreatifitas yang tinggi untuk mengolah suatu barang yang ada di dalam gudang dan merapihkan
  • Mampu bekerja dengan individu maupun kerja lapangan dengan tim dan dapat berkontribusi dari segala pekejaan yang menuntut

Apa manfaat menjadi admin logistik

Banyak manfaat seagai admin logistik kamu bisa memiliki tawaran pekerjaan lebih banyak karena akan memiliki ketrampilan atau pengalaman sebagai admin logistik dan para perusahaan akan mencari jasa kamu.

Kamu memiliki value yang bagus untuk memberikan kontribusi dalam menekan angka pengangguran dan kamu akan mendapatkan salary yang baik karena sifat admin logistik ini terbilang pekerjaan yang lumaian memberikan gaji yang besar

Kamu bisa membahagiakan orang tua atau orag yang kamu sayangi dengan gaji kamu dari pekerjaan admin logistik ,dan bisa membeli apapun yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

Kekurangan Menjadi Admin Logistik

Kekurangan menjadi admin logistik adalah kamu harus di tuntut dengan sangat berat oleh prusahaan dalam segala bidang

Kamu harus memastikan semuanya berjalan dengan lancar jika ada terdapat kendala maka admin logistik yang akan menanggung semua itu

Selalu ada ketegangan yang terdapat di lapangan terhadap admin logistik yang salah memberikan invoice atau salah dalam memberkan alamat lengkap

Jadi dapat di simpulkan kekurangan menjadi admin logistik ialah

  1. Tekanan yang luar biasa dari atasan
  2. Sering di salahkan dalam kesalahan alamat atau invoice yang kurang tepat
  3. Selalu bersitegang jika di lapangan tidak tersedia barang yang di minta
  4. Selalu di salah jika terdapat pengiriman yang cancel

Itulah lima keadaan yang kurang baik yang di hadapi oleh admin logistik , karena itu jika kamu mau menjadi admin logistik kamu sebaiknya tau kekurangan nya

Mungkin banyak orang yang tidak mengerti mengenai tugas admin logistik dan juga tanggung jawab yang dimilikinya, sehingga kemudian mengabaikan pekerjaan ini. Namun setelah membaca tulisan ini, diharapkan agar Anda memiliki pengetahuan mengenai admin logistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.